Berdo’a Untuk Keteguhan Hati

Kunci sukses ada di dalam hati. Sukses di dunia dan di akhirat. Hati adalah sumber akhlaq, tingkah laku, cara berpikir, perasaan, dan tentu saja tempat iman dan taqwa. Dalam meraih sukses, maka langkah pertamanya ialah memperbaiki hati dan teguh dalam kondisi hati yang baik. Memang tidak mudah menjaga keteguhan hati. Dan, salah satu cara untuk menjaganya ialah dengan memohon kepada Sang Pemilik hati kita.

Bahkan Rasulullah saw pun, selalu berdo’a agar hati beliau tetap teguh. Dalam hadits riwayat Ahmad dan Ibnu Abu Syaibah, Aisya ra., berkata, “Nabi SAW sering berdoa dengan mengatakan, ‘Wahai Tuhan yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku untuk selalu taat kepada-Mu.’ Aku pernah bertanya, ‘Ya Rasulullah, kenapa Anda sering berdoa dengan menggunakan doa seperti itu? Apakah Anda sedang marasa ketakutan?’ Beliau menjawab, ‘Tidak ada yang membuatku merasa aman, hai Aisyah. Hati seluruh hamba ini berada di antara dua jari Allah Yang Maha Memaksa. Jika mau membalikkan hati seorang hamba-Nya, Allah tinggal membalikkannya begitu saja.’”

Inilah kunci sukses. Saat hati kita sedang semangat, maka mintalah kepada Allah untuk meneguhkan hati kita agar tetap semangat. Semangat akan menghasilkan tindakan luar biasa dan tindakan luar biasa akan menghasilkan sukses luar biasa. Semua berawal dari hati, dan Allah yang membolak-balikkan hati kita, maka berdo’alah.

Jangan terjebak sama orang-orang yang mendewakan tindakan. Mungkin kita pernah atau sering mendengar bahwa do’a harus diiringi dengan tindakan atau usaha. Bukan berdo’a saja. Seolah do’a tidak akan ada hasilnya tanpa tindakan. Bukan seperti itu pengertiannya.

Kata siapa Allah membutuhkan tindakan kita? Tidak, Allah berkuasa untuk mengabulkan do’a kita tanpa tindakan kita. Tindakan kita hanyalah salah satu dari cara Allah mengabulkan do’a kita. Berdo’alah, maka tindakan akan mengikuti jika itu kehendak Allah. Hati kita akan bersemangat mengambil tindakan, bukan sembarang tindakan tetapi tindakan yang akan membawa kita kepada keberhasilan.

Saat ini banyak teknologi pengembangan diri yang berpusat pada kondisi hati. NLP, EFT, Emotional Healing, dan sebagainya adalah cara-cara bagaimana mengubah dan menjaga kondisi hati kita (baca perasaan) menjadi sebuah perasaan yang memberdayakan. Hati yang teguh untuk mencapai cita-cita kita. Itu boleh-boleh saja selama tidak melanggar syariat, namun yang jelas: Yang membolak-balikkan hati kita adalah Allah. Jadi mintalah keteguhan hati kepada Allah. Teknologi hanyalah bentuk ikhtiar kita.

Sumber : http://www.motivasi-islami.com/

Berdo’a Untuk Keteguhan Hati

Tinggalkan komentar

Filed under Penyejuk Hati

Kau tak sendiri, bersabarlah…

Kegelisahan, kedukaan dan airmata adalah bagian sketsa hidup di dunia ini. Tetesan airmata bermuara dari hati yang terselaputkan kegelisahan jiwa terkadang memilukan, hingga membuat keresahan dan kebimbangan. Kedukaan karena kerinduan yang teramat sangat dalam menyebabkan kepedihan yang memenuhi rongga dada, jiwa yang rapuh pun berkisah pada alam serta kehidupan, bertanya dimanakah pasangan jiwa berada. Lalu, hati menciptakan serpihan kegelisahan, bagaikan anak yang hilang dari ibunya di tengah keramaian.

Keinginan bertemu pasangan jiwa, bukankah itu sebuah fitrah? Semua itu hadir tanpa disadari sebelumnya hingga tanpa sadar telah menjadi bagian hidup yang tak terpisahkan. Sebuah kewajaran pula bahwa setiap wanita ingin menjadi seorang istri dan ibu yang baik ketimbang menjalani hidup dalam kesendirian. Dengan sentuhan kasih sayang dan belaiannya akan terbentuk jiwa-jiwa yang sholeh dan sholehah. Duhai… betapa mulianya kedudukan seorang wanita, apalagi bila ia seorang wanita beriman yang mampu membina dan menjaga keindahan Islami hingga memenuhi setiap sudut rumahtangganya.

Sabar dan sabarlah karena kau tak sendiri …

Bukankah matahari akan selalu menghiasi pagi dengan kemewahan sinar keemasannya, malam pun masih indah dengan bintang gemintang keperakan, dan kicau bening burung malam selalu riang mencandai sang rembulan. Senyumlah, laksana senyum penuh pesona butir embun yang selalu setia melantunkan tasbih dan tahmid di kala subuh. Hapuslah airmata di pipi, hilangkan lara di hati hingga akan dirimu rasakan tak ada lagi gejolak keresahan, kegamangan atau pun kegelisahan, terimalah semua sebagai bagian dari perjalanan hidup, hingga dirimu temukan rahasia kehidupan bahwa semua ini adalah tanda kebesaran hati dan jiwa, semoga.

5 Komentar

Filed under Penyejuk Hati

Nge-hack Flash yuk…!

Software animasi web paling populer saat ini adalah Flash yang awalnya dirancang sebagai software animasi kartun berbasis vektor yang memungkinkan distribusi animasi dengan ukuran relatif kecil. Flash dilengkapi dengan fungsi Actionscript yang menggunakan sintaks seperti Javascript memberikan kontrol yang sangat fleksibel. Flash adalah software client side, di mana saat file diakses, server mengirimkan source file dan animasi serta interaktifitas dilakukan oleh komputer browser.

Terkadang ketika melihat suatu aplikasi flash yang bagus kita ingin mempelajarinya tapi bagaimana lah wong flashnya sudah menjadi file .swf (shockwave flash) yang merupakan hasil kompilelan dari format Fla. Nah bagi yang belum tau caranya gampang cukup install software Decomplier Flash aja. Download aja nih softwarenya flashdecompiler .

Caranya gampang :

1. Download dulu file .swfnya di browser IE klik Tombol/ icon Decompiler Flashnya
2. File swf klik kanan trus file convert to fla
3. Edit file Fla tadi menggunakan Mac. Flash

Selamat mencoba

1 Komentar

Filed under Tips n Trik

Mengenal Camera Digital

Digital

Kenapa kamera ini dikatakan digital? Kamera biasa menggunakan lensa untuk mentransfer hasil foto ke dalam negative film dari cahaya yang ditangkap. Negative film ini merupakan media penyimpannya, dan sangat sensitif terhadap cahaya. Pada kamera digital penangkapan gambar menggunakan sensor CCD (ada juga yg menggunakan CMOS) yang kemudian hasilnya direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital semacam Compact Flash, Secure Digital, Memory Stick, dsb. Karena hasil disimpan secara digital menjadikan hasil ini mudah di transfer ke pengolah digital semacam komputer, bahkan mengedit warna, ketajaman, kecerahan, dsb. secara mudah.

CCD & Megapixel

Kamera digital saat ini sudah memiliki sensor penangkap gambar (CCD/CMOS) lebih dari jutaan pixel. Semakin banyak pixel yg bisa ditangkap akan semakin detail gambar yang dihasilkan. Untuk ukuran kartu pos, Anda cukup membeli kamera digital kelas 1M pixel. Kamera ini juga masih mencukupi untuk keperluan gambar diwebsite. Untuk gambar yang jauh lebih detail maka diperlukan CCD dengan kemampuan 2M pixel keatas. Untuk kelas profesional kini sudah tersedia kapasitas 5-6M pixel dengan hasil luar biasa!

CCD vs CMOS

Saat ini banyak kamera digital murah yang menggunakan sensor CMOS daripada CCD. Apa kelemahan dan kekurangan CMOS dibanding CCD? CMOS memiliki keunggulan dimana ongkos produksi murah sehingga harga kamera lebih terjangkau. Sedangkan CCD memiliki keunggulan dimana sensor lebih peka cahaya, jadi pada kondisi redup (sore/ malam) tanpa bantuan lampu kilat masih bisa mengkap obyek dengan baik, sedangkan pada CMOS sangat buram.

Simpan Berulang Kali

Kamera biasa hanya bisa menampung 36 foto, dan harus mengganti film dengan yang baru. Sedangkan kamera digital mampu menampung 24-48 gambar dalam 1 memory ukuran 8MB dan berlipat kapasitasnya untuk memory yang lebih besar. Sekali memory penuh, Anda bisa melakukan transfer ke komputer, dan memory siap diisi kembali tanpa mengeluarkan biaya apapun.

Kapasitas Foto

Bagi pemakai awam, mungkin bertanya-tanya kenapa kapasitas kamera digital berbeda satu sama lain bahkan untuk kamera yang sama bisa memiliki kapasitas yang beragam. Hal ini karena kamera digital disimpan dalam bentuk file yang semakin tinggi resolusi gambar yang dihasilkan semakin besar file yg dihasilkan. Untuk memudahkan pemahaman, kita misalkan MS Word, semakin banyak tulisan dan sisipan gambar atau tabel semakin besar ukuran filenya. Demikian juga kamera digital, semakin tinggi resolusinya dan semkain kaya warna akan menjadikan file semakin besar ukurannya, oleh karena itu setiap obyek yang berbeda menghasilkan ukuran file yang beragam pula. Disisi lain media simpan yang dimiliki oleh kamera juga terbatas. Rata-rata disertai dengan media simpan 8MB atau 16MB, semakin tinggi semakin leluasa. Jadi tidak heran jika pada kamera digital beresolusi tinggi yang mahal daya simpannya malah terbatas, hal ini karena media simpan yang disertakan kurang mendukung.

Berikut ini adalah panduan media simpan yang ideal untuk berbagai resolusi kamera digital:

Resolusi kamera

Memory Minimal / Jml Max Foto*

Memory Ideal / Jml Max Foto*

1,3 Mega Pixel

8MB / 23 – 105 foto

16MB / 45 – 120 foto

2,0 Mega Pixel

8MB / 14 – 90 foto

16MB / 27 – 200 foto

3,0 Mega Pixel

16MB / 8 – 80 foto

32MB / 15 – 170 foto

4,0 Mega Pixel

32MB / 12 – 120 foto

64MB / 24 – 250 foto

 

Perkiraan rata-rata. Besarnya jumlah foto maksimal tergantung resolusi mode yg bisa dipilih pada kamera digital, semakin tinggi resolusi semakin besar file tiap gambar yg dhasilkan sehingga semakin sedikit gambar yg bisa disimpan.

Web Camera

Beberapa kamera digital yang menggunakan sensor CMOS memiliki fitur unik, yaitu bisa sekaligus berfungsi sebagai kamera Web Cam yang dihubungkan dengan komputer. Fitur ini sering dimanfaatkan untuk videoconference melalui jaringan internet.

Layar LCD atau Televisi

Kamera digital yang baik selalu dilengkapi LCD display. Dengan layar kecil ini kita bisa melihat seperti apa bidikan kita ditangkap oleh sensor CCD yang meruapakn hasil foto kita nantinya. Hal ini lebih akurat dibanding kamera biasa yang sering hasilnya jauh berbeda. Layar LCD juga bisa membantu kita melihat hasil foto sesaat setelahnya, jika kita tidak suka bisa kita hapus dan mengulanginya untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Selain dilihat melaui layar LCD, jika kurang jelas, kamera digital bisa langsung dihubungkan ke TV dan semua hasilnya akan ditampilkan satu persatu bergantian, dan semuanya ini tidak memerlukan alat tambahan apapun kecuali kabel video!

Cetak Sesuka Anda

Melalui software yang tersedia atau melalui software seperti Photoshop kita bisa melakukan perubahan mulai dari warna, ketajaman, kecerahan, dsb. Bagi yang kreatif bisa menambahkan tulisan, komentar, nomor dll. Bahkan bisa menggabungkan dari berbagai foto menjadi satu, yang diperlukan hanya kreatifitas Anda. Hasil karya Anda ini bisa dicetak ke printer berwarna atau printer khusus kamera digital dengan hasil cukup memuaskan, bahkan kini di kota besar sudah tersedia laboratorium cuci cetak khusus kamera digital.

Transfer ke VCD

Dengan menguasai sedikit software pembuat VCD dan menggunakan CD-RW maka Anda bisa menghasilkan album yang bisa dilihat melalui VCD Player yang bisa dinikmati bersama saat santai atau dikirimkan ke orang yang Anda sayangi sebagai kejutan!

Panduan Singkat Membeli Kamera Digital:

· CCD
Semakin tinggi resolusi CCD semakin tajam gambar yg mampu ditangkap. Kamera digital standard saat ini menggunakan resolusi CCD 1.3M pixel untuk menghasilkan gambar tajam seukuran foto biasa. Sedangkan bagi profesional kini sudah tersedia resolusi CCD diatas 5M pixel yg sangat tajam hasilnya. Sesuaikan kebutuhan Anda, untuk acara keluarga biasa cukup menggunakan kamera 1.3 – 2.1M pixel.

· Kapasitas Media Penyimpan
Kapasitas media penyimpan menentukan seberapa banyak hasil foto yang bisa ditampung. Media simpan saat ini yang umum dipakai ialah Compact Flash, Memory Stik, dsb. Semakin tinggi reslusi CCD semakin besar ukuran file yang dihasilkan sehingga membutuhkan media simpan yang lebih besar. Media simpan dengan kapasitas 8MB cocok untuk kamera digital kelas dibawah 2M pixel CCD. Media penyimpan bisa diupgrade kapastiasnya dengan membeli media penyimpan yang lebih besar.

· Transfer File & Cetak
Agar proses transfer ke komputer atau printer tidak mengalami kendala perhatikan tipe interface (kabel penghubung) yang disediakan dengan perangkat komputer Anda. Rata-rata kamera digital keluaran terbaru menggunakan interface USB. Kamera digital saat ini juga bisa langsung mencetak ke printer biasa tanpa memerlukan PC, fasilitas ini dinamakan DPOF (Digital Print Order Format), tanpa fitur ini tidak bisa mencetak langsung ke printer.

· LCD Display
Kamera digital yg baik selalu menyediakan LCD display yang berguna untuk melihat menu setting, bidikan kamera, dan hasilnya. Dengan LCD ini sangat memudahkan bagi pengguna kamera digital yang tidak perlu membidik lagi dari lubang kecil.

· Zoom
Fungsi zoom ialah memperbesar gambar sehingga Anda tidak perlu mendekati obyek untuk memperoleh ukuran yang diinginkan. Kamera digital biasanya dilengkapi dengan zoom melalui proses digital yang biasa disebut Digital Zoom yang dikombinasikan dengan zoom melalui optic/lensa yang disbeut Optical Zoom. Perpaduan keduanya menghasilkan zoom yang berlipat.

· Flash
Flash berfungsi menghasilkan kilatan cahaya untuk membantu mendapatkan gambar yang jelas jika kondisi obyek gelap kurang cahaya. Lampu flash sering berguna dimalam hari atau pada obyek gelap seperti didalam ruangan, goa, dsb.

· Movie Recording
Selain kemampuan menangkap obyek diam, kamera digital juga sering dilengkapi fitur Movie Recording/Capture untuk menangkap obyek bergerak layaknya camcorder. Tetapi karena keterbatasan media simpan, maka obyek bergerak ini hanya bisa disimpan dalam hitungan puluhan detik.

Software
Software selalu menyertai kamera digital agar mudah dalam editing maupun menghubungkannya dengan komputer. Bahkan sering dilengkapi software image editing sederhana untuk menghasilkan gambar yang kreatif memenuhi imajinasi

Tinggalkan komentar

Filed under Tips n Trik

Bila Aku Jatuh Cinta

Allahu Rabbi aku minta izin
Bila suatu saat aku jatuh cinta
Jangan biarkan cinta untuk-Mu berkurang
Hingga membuat lalai akan adanya Engkau

Allahu Rabbi
Aku punya pinta
Bila suatu saat aku jatuh cinta
Penuhilah hatiku dengan bilangan cinta-Mu yang tak terbatas
Biar rasaku pada-Mu tetap utuh

Allahu Rabbi
Izinkanlah bila suatu saat aku jatuh cinta
Pilihkan untukku seseorang yang hatinya penuh dengan
kasih-Mu
dan membuatku semakin mengagumi-Mu

Allahu Rabbi
Bila suatu saat aku jatuh hati
Pertemukanlah kami
Berilah kami kesempatan untuk lebih mendekati cinta-Mu

Allahu Rabbi
Pintaku terakhir adalah seandainya kujatuh hati
Jangan pernah Kau palingkan wajah-Mu dariku
Anugerahkanlah aku cinta-Mu…
Cinta yang tak pernah pupus oleh waktu

Amin !

1 Komentar

Filed under Penyejuk Hati

Tahun Baru, Diary Digital Baru

Tahun 2008 segera datang, biasanya kita akan merencanakan sesuatu buat tahun yang akan datang. Misalnya dengan menulis kejadian2 tiap harinya pada sebuah buku yang sering disebut “Buku Diary“.

Jaman telah berubah sekarang jamannya digital.
Makanya ada juga program yang mengelola kejadian harian kita, namanya “Diary One“. Caranya gampang cukup klik-klik aja nanti juga tau…. hehehe.

Biar tiap-tiap kejadian bisa dikenang dan bisa cerita sama anak – cucu kita. Nikah aja belum 😦 …..  karena sebagai manusia tidak luput dari lupa.

So ‘Met mencoba …

Dowload disini

Tinggalkan komentar

Filed under Tips n Trik

ANGKOT SETAN

Katanya sih benar2 terjadi di daerah Rawamangun dan Kampung Melayu
dan daerah Bogor
ANGKOT SETAN

Kurang lebih pukul 10 malam, Seorang wanita tengah baya (nenek-nenek
untuk lebih tepatnya), berumur sekitar 63 tahun sedang menuju pulang setelah
berbelanja buah-2an di toko buah di daerah rawamangun, yang tidak jauh
dari rumahnya..

Sudah kurang lebih 20 menit sang nenek menunggu angkot (mikrolet) yang biasa dinaikinya pulang..tapi angkot yang ditunggu tak kunjung tiba.
Memang biasanya angkot tersebut sudah berhenti beroperasi pada pukul 21.30 paling malam, namun entah mengapa, sang nenek merasa bahwa masih ada angkot yang akan membawanya pulang…

Setelah 35 menit menunggu..akhirnya benar, angkot yang ditunggu sang
nenek muncul. Hal yang tidak biasa terjadi… Lalu naiklah sang nenek ke dalam angkot yang berisi 3 orang.. 1 orang supir dan 2 orang penumpang lain yang kedua-2nya adalah seorang wanita cantik, berambut panjang, dengan pakaian pesta berwarna putih (broken white tepatnya)..

Sang nenek sempat berpikir…” aneh sekali….dua orang wanita cantik
berpakaian pesta warna putih, pada malam hari begini naik angkot” Tapi
sang nenek tidak mau meneruskan apa yang ada di pikirannya, walaupun bulu kuduknya sudah mulai berdiri. Terjadilah suasana yang dingin, hening tanpa suara pada angkot tersebut. Sang supir-pun hanya menyupir tanpa menengok atau mengeluarkan suara sedikitpun.. .cara menyupirnya pun cenderung kasar, dan ngebut-ngebutan. ..

Tak sabar sang nenek untuk tiba di daerah rumahnya…sampai akhirnya,
Sang nenek tiba di jembatan biasa tempat ia turun. setelah menyiapkan
selembar uang Rp. 10 ribu-an (karena memang tinggal satu lembar uang 10 ribuan yang dia punya) untuk membayar angkot, Sang nenek lalu memberhentikan angkot tersebut

“Bang…kiri, bang..”

Sang supir langsung memberhentikan angkotnya dengan rem mendadak tanpa
bersuara..

Lalu sang nenek turun, dan menyerahkan lembaran uang Rp. 10 ribu
terakhirnya melalui jendela pintu depan angkot…sambil menunggu
kembalian ongkosnya..

Tapi ternyata…. ……

Sang Supir langsung menginjak gas dan meninggalkan nenek tersebut tanpa mengembalikan uang sang nenek…

Nenek itu berteriak… “DASAR ANGKOT SETAAAAAAAAANNNNNNN ….!!!!! !!!!!!!!! “

😀 😀 😀 Hehehehehehe. …..serius amat seeh bacanya… ayo kerja, kerja
ayo..

Tinggalkan komentar

Filed under Ngakak

Kenali Software Grafis & Multimedia

Banyak yang bertanya kepada gw “Men, klo buat bikin brosur apa sih?”, ” Klo buat animasi pake apa, Bro?”, “Klo buat website softwarenya apa aja, Mas?” pertanyaan itu sering berada ditelinga. “Tergantung projectnya!” itu jawaban gw secara spontan, karena setiap tugas atau project yang berbeda pasti membutuhkan software yang berbeda pula, bahkan ada project yang membutuhkan beberapa software. Nah sebab itu mari kita kenali software2 Graphis & Multimedia yang sering dipakai oleh kalangan-kalangan profesional.

Digital Illustration dan Design
Tidak lama setelah PageMaker, software ilustrasi berbasis vektor yang pertama kali muncul adalah Adobe Illustrator dan menjadi standar industri di seluruh dunia. Uniknya, di Jakarta perusahaan-perusahaan periklanan menggunakan Freehand yang dulunya adalah milik Aldus saat ini telah diambil alih oleh Macromedia. Di seluruh kota besar lain, tingkat pemakaian CorelDraw terbukti sangat tinggi di kalangan industri cetak. Banyak perusahaan memiliki software CorelDraw original karena tersedia bundel yang sarat clip art. Meskipun demikian, hingga saat ini CorelDraw masih sering menghadapi kendala teknis saat cetak dan banyak perusahaan pracetak memilih menggunakan Freehand dan Illustrator.

Digital Imaging
Tidak diragukan lagi, Photoshop adalah salah satu software terpopuler yang pernah ada. Semua kebutuhan komputer grafis sedikit banyak memanfaatkan Photoshop di dalam proses manipulasi citra, seperti desain grafis, periklanan, animasi, multimedia, video, dll. Versi terakhir dari Photoshop sarat dengan fungsi fotografi digital yang belakangan menjadi trend dunia. Photoshop saat ini dibundel dengan ImageReady yang ditargetkan untuk aplikasi web, tetapi software ini masih belum mampu menyaingi Fireworks dari Macromedia. ImageReady adalah software berbasis raster/bitmap, sedang Fireworks merupakan kombinasi software bitmap dan vektor sehingga sangat fleksibel untuk kebutuhan rancang elemen situs. Bagi para pemakai yang concern dengan masalah copyright, tersedia software Paint Shop Pro dan Gimp dengan fitur-fitur yang relatif bagus dan menyerupai Photoshop.

Multimedia
Pada dekade 90-an, perkembangan CD-ROM memicu industri multimedia interaktif yang menggunakan software Macromedia Director. Di sini semua elemen multimedia seperti suara, gambar, video, animasi dan proses interaktifitas digabungkan. Belakangan Director memiliki fungsi untuk 3D interaktif dan membuat menu DVD.
Sofware multimedia paling populer saat ini adalah Flash yang awalnya dirancang sebagai software animasi kartun berbasis vektor yang memungkinkan distribusi animasi dengan ukuran relatif kecil. Flash dilengkapi dengan fungsi Actionscript yang menggunakan sintaks seperti Javascript memberikan kontrol yang sangat fleksibel.Flash adalah software client side, di mana saat file diakses, server mengirimkan source file dan animasi serta interaktifitas dilakukan oleh komputer browser. Ini sangat berbeda dengan Director yang melakukan hal ini di server.
Perkembangan terakhir dari Flash adalah diperkuatnya integrasi dengan database sehingga memungkinkan membuat situs yang dynamic. Selain itu juga dikembangkan fitur Flash untuk kebutuhan mobile device seperti pocket PC.

Web Design
Integrasi Macromedia Dreamweaver dengan Fireworks dan Flash menjadi solusi desain situs yang sangat populer. Dreamweaver memberikan fitur baik bagi para desainer maupun developer. Software lain yang cukup banyak digunakan adalah Microsoft Frontpage.

Digital Video dan Visual Effects
Di kalangan semi professional, Adobe Premiere Pro adalah software editing video yang banyak digunakan. Sedang di kalangan para hobbyist, Ulead Media Studio cukup banyak dimanfaatkan. Sayangnya Premiere Pro tidak tersedia di komputer Macintosh di mana saat ini terdapat Final Cut Pro yang bahkan telah digunakan untuk penyuntingan film unggulan Oscar – Cold Mountain (sutradara Anthony Minghella).
Adobe After Effects yang terintegrasi baik dengan Premiere merupakan standar industri untuk aplikasi motion graphic dan visual effects. Seluruh industri film, video dan televisi menggunakan After Effects untuk membuat animasi bumper antar acara dan membuat efek-efek film sinegron yang belakangan ini sering menghiasi layar kaca.
Kini juga mulai hadir software DVD seperti Ulead DVD, Adobe Encore DVD dan Apple DVD Studio Pro atau iDVD.

Film animasi dan efek yang belakangan marak hanya bisa diwujudkan berkat dukungan software-software animasi. Di dunia film software terpopuler adalah Alias Maya, di dunia game adalah Discreet 3DS Max dan di layar kaca adalah Lightwave. Dari sisi popularitas, 3DS Max adalah yang paling banyak dipakai sehingga sangat resource yang tersedia sangat banyak. Maya merupakan software yang sangat powerful untuk character animation dan sesuai untuk siklus produksi yang besar. Sedang Lightwave yang relatif lebih ringan sesuai untuk animator yang bekerja.

Digital Audio
Salah satu software yang populer adalah CoolEdit yang kini diakuisisi oleh Adobe dan diberi nama Adobe Audition. Di kalangan praktisi, software Protools masih tetap menjadi pilihan utama.

Kesimpulan
Demikian banyaknya software grafis tentunya memberikan kemudahan tetapi sekaligus membingungkan. Kunci mempelajarinya adalah memilih bidang yang kita minati dan berkonsentrasi. Setelah kita cukup menguasai, baru pindah ke bidang lain.
Sebaiknya dipilih software-software mainstream sehingga kita bisa yakin bahwa software tersebut kontinyuitasnya terjaga, di alam industri desktop publishing dan digital video, Adobe adalah leader, di bidang web dan multimedia dikuasai oleh Macromedia dan di 3d animation, Discreet paling banyak penggunanya.

8 Komentar

Filed under Pengalaman

Ketika Sesuatu Tidak Sesuai Keinginan

Jika kita menemukan hidup tidak berjalan sesuai keinginan
atau malah mengalami kemunduran, cobalah tips-tips berikut
untuk mengembalikan diri ke *track* yang diinginkan.

* Identifikasi masalah.
Sisihkan waktu untuk menulis pada indek,
journal, buku harian atau agenda
mengenai pikiran, emosi dan masalah
sewaktu kita menjalani masa-masa sulit
tersebut. Untuk setiap masalah tulis
tindakan dan solusi yang akan dilakukan.
* Mencari dukungan.
Berbicaralah pada teman dan keluarga
atau siapapun yang kita anggap bisa
memberikan dukungan atas masalah yang
telah kita identifikasi. Anda mungkin
hanya butuh simpatik untuk didengar.
Tetap jika seseorang yang kita ajak
bicara dapat membantu masalah kita,
mintalah bantuan bagaimana mereka dapat
mengatasi masalah kita.
* Jangan menjadi pecundang.
Menyalahkan orang lain atas masalah kita
dan mengakui diri sendiri sebagai korban
hanya akan menambah luka dan beban bagi
kita. Penting untuk menyadari bahwa
selagi kita tidak dapat mengontrol
segala sesuatu yang terjadi pada kita,
kita dapat mengontrol bagaimana kita
bertindak terhadap mereka.
* Bebaskan diri sendiri dari tekanan.
Hal terburuk yang dapat kita lakukan
saat itu adalah mengambil lebih banyak
tanggung jawab. Jika kita harus tinggal
bersama teman atau keluarga untuk
sementara sampai masalah kita selesai.
* Jangan mencari jalan pintas
Hanya karena kita telah mengidentifikasi
masalah dan menentukan langkah yang akan
diambil bukan berarti masalah kita
selesai. Ada periode waktu dimana kita
sebenarnya merasa tidak dapat melakukan
segala sesuatu untuk membantu diri
sendiri. Bisa jadi kita mengalami
frustasi apa yang kita harapan tidak
terjadi segera dan kita malah menyerah.
Anggap ini sebagai kemunduran sementara
dan terus berusaha dengan solusi yang
telah kita buat. Jangan segan mencari
bantuan jika kita tidak dapat
mememcahkan masalah sendiri

Tinggalkan komentar

Filed under Pengalaman

Untuk Sahabat

Sahabat adalah keperluan jiwa, yang
mesti dipenuhi. Dialah ladang hati,
yang kau taburi dengan kasih dan kau
tuai dengan penuh rasa terima kasih.

Sahabat yang beriman ibarat mentari
yang menyinar.

Sahabat yang tidak jujur ibarat dapur
yang berhampiran. Jikalau pun kamu
tidak terkena jelaganya sudah pasti
akan terkena asapnya.

Sahabat terbaik adalah dia yang dapat
duduk berayun-ayun di beranda
bersamamu, tanpa mengucapkan sepatah
katapun , dan kemudian kamu
meninggalkannya dengan perasaan telah
bercakap-cakap lama dengannya.

Sahabat sejati adalah mereka yang
sanggup berada di sisimu ketika kamu
memerlukan dukungan walaupun saat itu
mereka bisa memilih berada di tempat
lain yang lebih menyenangkan.

Tinggalkan komentar

Filed under Penyejuk Hati