Mengenal Camera Digital

Digital

Kenapa kamera ini dikatakan digital? Kamera biasa menggunakan lensa untuk mentransfer hasil foto ke dalam negative film dari cahaya yang ditangkap. Negative film ini merupakan media penyimpannya, dan sangat sensitif terhadap cahaya. Pada kamera digital penangkapan gambar menggunakan sensor CCD (ada juga yg menggunakan CMOS) yang kemudian hasilnya direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital semacam Compact Flash, Secure Digital, Memory Stick, dsb. Karena hasil disimpan secara digital menjadikan hasil ini mudah di transfer ke pengolah digital semacam komputer, bahkan mengedit warna, ketajaman, kecerahan, dsb. secara mudah.

CCD & Megapixel

Kamera digital saat ini sudah memiliki sensor penangkap gambar (CCD/CMOS) lebih dari jutaan pixel. Semakin banyak pixel yg bisa ditangkap akan semakin detail gambar yang dihasilkan. Untuk ukuran kartu pos, Anda cukup membeli kamera digital kelas 1M pixel. Kamera ini juga masih mencukupi untuk keperluan gambar diwebsite. Untuk gambar yang jauh lebih detail maka diperlukan CCD dengan kemampuan 2M pixel keatas. Untuk kelas profesional kini sudah tersedia kapasitas 5-6M pixel dengan hasil luar biasa!

CCD vs CMOS

Saat ini banyak kamera digital murah yang menggunakan sensor CMOS daripada CCD. Apa kelemahan dan kekurangan CMOS dibanding CCD? CMOS memiliki keunggulan dimana ongkos produksi murah sehingga harga kamera lebih terjangkau. Sedangkan CCD memiliki keunggulan dimana sensor lebih peka cahaya, jadi pada kondisi redup (sore/ malam) tanpa bantuan lampu kilat masih bisa mengkap obyek dengan baik, sedangkan pada CMOS sangat buram.

Simpan Berulang Kali

Kamera biasa hanya bisa menampung 36 foto, dan harus mengganti film dengan yang baru. Sedangkan kamera digital mampu menampung 24-48 gambar dalam 1 memory ukuran 8MB dan berlipat kapasitasnya untuk memory yang lebih besar. Sekali memory penuh, Anda bisa melakukan transfer ke komputer, dan memory siap diisi kembali tanpa mengeluarkan biaya apapun.

Kapasitas Foto

Bagi pemakai awam, mungkin bertanya-tanya kenapa kapasitas kamera digital berbeda satu sama lain bahkan untuk kamera yang sama bisa memiliki kapasitas yang beragam. Hal ini karena kamera digital disimpan dalam bentuk file yang semakin tinggi resolusi gambar yang dihasilkan semakin besar file yg dihasilkan. Untuk memudahkan pemahaman, kita misalkan MS Word, semakin banyak tulisan dan sisipan gambar atau tabel semakin besar ukuran filenya. Demikian juga kamera digital, semakin tinggi resolusinya dan semkain kaya warna akan menjadikan file semakin besar ukurannya, oleh karena itu setiap obyek yang berbeda menghasilkan ukuran file yang beragam pula. Disisi lain media simpan yang dimiliki oleh kamera juga terbatas. Rata-rata disertai dengan media simpan 8MB atau 16MB, semakin tinggi semakin leluasa. Jadi tidak heran jika pada kamera digital beresolusi tinggi yang mahal daya simpannya malah terbatas, hal ini karena media simpan yang disertakan kurang mendukung.

Berikut ini adalah panduan media simpan yang ideal untuk berbagai resolusi kamera digital:

Resolusi kamera

Memory Minimal / Jml Max Foto*

Memory Ideal / Jml Max Foto*

1,3 Mega Pixel

8MB / 23 – 105 foto

16MB / 45 – 120 foto

2,0 Mega Pixel

8MB / 14 – 90 foto

16MB / 27 – 200 foto

3,0 Mega Pixel

16MB / 8 – 80 foto

32MB / 15 – 170 foto

4,0 Mega Pixel

32MB / 12 – 120 foto

64MB / 24 – 250 foto

 

Perkiraan rata-rata. Besarnya jumlah foto maksimal tergantung resolusi mode yg bisa dipilih pada kamera digital, semakin tinggi resolusi semakin besar file tiap gambar yg dhasilkan sehingga semakin sedikit gambar yg bisa disimpan.

Web Camera

Beberapa kamera digital yang menggunakan sensor CMOS memiliki fitur unik, yaitu bisa sekaligus berfungsi sebagai kamera Web Cam yang dihubungkan dengan komputer. Fitur ini sering dimanfaatkan untuk videoconference melalui jaringan internet.

Layar LCD atau Televisi

Kamera digital yang baik selalu dilengkapi LCD display. Dengan layar kecil ini kita bisa melihat seperti apa bidikan kita ditangkap oleh sensor CCD yang meruapakn hasil foto kita nantinya. Hal ini lebih akurat dibanding kamera biasa yang sering hasilnya jauh berbeda. Layar LCD juga bisa membantu kita melihat hasil foto sesaat setelahnya, jika kita tidak suka bisa kita hapus dan mengulanginya untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Selain dilihat melaui layar LCD, jika kurang jelas, kamera digital bisa langsung dihubungkan ke TV dan semua hasilnya akan ditampilkan satu persatu bergantian, dan semuanya ini tidak memerlukan alat tambahan apapun kecuali kabel video!

Cetak Sesuka Anda

Melalui software yang tersedia atau melalui software seperti Photoshop kita bisa melakukan perubahan mulai dari warna, ketajaman, kecerahan, dsb. Bagi yang kreatif bisa menambahkan tulisan, komentar, nomor dll. Bahkan bisa menggabungkan dari berbagai foto menjadi satu, yang diperlukan hanya kreatifitas Anda. Hasil karya Anda ini bisa dicetak ke printer berwarna atau printer khusus kamera digital dengan hasil cukup memuaskan, bahkan kini di kota besar sudah tersedia laboratorium cuci cetak khusus kamera digital.

Transfer ke VCD

Dengan menguasai sedikit software pembuat VCD dan menggunakan CD-RW maka Anda bisa menghasilkan album yang bisa dilihat melalui VCD Player yang bisa dinikmati bersama saat santai atau dikirimkan ke orang yang Anda sayangi sebagai kejutan!

Panduan Singkat Membeli Kamera Digital:

· CCD
Semakin tinggi resolusi CCD semakin tajam gambar yg mampu ditangkap. Kamera digital standard saat ini menggunakan resolusi CCD 1.3M pixel untuk menghasilkan gambar tajam seukuran foto biasa. Sedangkan bagi profesional kini sudah tersedia resolusi CCD diatas 5M pixel yg sangat tajam hasilnya. Sesuaikan kebutuhan Anda, untuk acara keluarga biasa cukup menggunakan kamera 1.3 – 2.1M pixel.

· Kapasitas Media Penyimpan
Kapasitas media penyimpan menentukan seberapa banyak hasil foto yang bisa ditampung. Media simpan saat ini yang umum dipakai ialah Compact Flash, Memory Stik, dsb. Semakin tinggi reslusi CCD semakin besar ukuran file yang dihasilkan sehingga membutuhkan media simpan yang lebih besar. Media simpan dengan kapasitas 8MB cocok untuk kamera digital kelas dibawah 2M pixel CCD. Media penyimpan bisa diupgrade kapastiasnya dengan membeli media penyimpan yang lebih besar.

· Transfer File & Cetak
Agar proses transfer ke komputer atau printer tidak mengalami kendala perhatikan tipe interface (kabel penghubung) yang disediakan dengan perangkat komputer Anda. Rata-rata kamera digital keluaran terbaru menggunakan interface USB. Kamera digital saat ini juga bisa langsung mencetak ke printer biasa tanpa memerlukan PC, fasilitas ini dinamakan DPOF (Digital Print Order Format), tanpa fitur ini tidak bisa mencetak langsung ke printer.

· LCD Display
Kamera digital yg baik selalu menyediakan LCD display yang berguna untuk melihat menu setting, bidikan kamera, dan hasilnya. Dengan LCD ini sangat memudahkan bagi pengguna kamera digital yang tidak perlu membidik lagi dari lubang kecil.

· Zoom
Fungsi zoom ialah memperbesar gambar sehingga Anda tidak perlu mendekati obyek untuk memperoleh ukuran yang diinginkan. Kamera digital biasanya dilengkapi dengan zoom melalui proses digital yang biasa disebut Digital Zoom yang dikombinasikan dengan zoom melalui optic/lensa yang disbeut Optical Zoom. Perpaduan keduanya menghasilkan zoom yang berlipat.

· Flash
Flash berfungsi menghasilkan kilatan cahaya untuk membantu mendapatkan gambar yang jelas jika kondisi obyek gelap kurang cahaya. Lampu flash sering berguna dimalam hari atau pada obyek gelap seperti didalam ruangan, goa, dsb.

· Movie Recording
Selain kemampuan menangkap obyek diam, kamera digital juga sering dilengkapi fitur Movie Recording/Capture untuk menangkap obyek bergerak layaknya camcorder. Tetapi karena keterbatasan media simpan, maka obyek bergerak ini hanya bisa disimpan dalam hitungan puluhan detik.

Software
Software selalu menyertai kamera digital agar mudah dalam editing maupun menghubungkannya dengan komputer. Bahkan sering dilengkapi software image editing sederhana untuk menghasilkan gambar yang kreatif memenuhi imajinasi

About these ads

Tinggalkan komentar

Filed under Tips n Trik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s