Iman dan Ibadah

Kirimkan surat-suratmu menjelang subuh; surat yang di tulis dengan tinta air mata, dengan kertas pipi, dengan perangko pengabulan,dan dengan alamat yang dituju adalah ‘Asry. Sesudah itu nantikan jawabannya. Hiduplah bersama Al-Qur’an dengan cara menghafal, membaca,mendengar dan merenungi. Inilah adalah terapi paling mujarab untuk menghilangkan rasa sedih dan kegalauan. Kebahagiaan itu adalah sebuah pohon. Air, makanan, udara dan cahayanya adalah iman kepada Allah dan kampung akhirat.

Mahasuci Allah yang telah menjadikan sikap menghinakan diri kepadaNya sebagai keperkasaan,rasa butuh kepadaNya sebagai kekayaan, permohonan kepadaNya sebagai kemuliaan, tunduk kepadaNya sebagai ketinggian, dan tawakkal kepadaNya sebagai kecukupan. Hal paling baik yang ada di dunia adalah kecintaan kepada Allah. Hal terindah di surga adalah melihat Allah. Kitab yang paling bermanfaat adalah kitab Allah. Makhluk yang paling berbakti adalah Rasulullah.

Siapa saja yang dituntun oleh agamanya, diluruskan oleh akal sehatnya, dijaga oleh hartanya dan dihiasi oleh rasa malunya, maka ia telah menghimpun semua keutamaan. Orang yang bahagia adalah orang yang bisa mengambil pelajaran dari hari kemarin, berkaca pada dirinya sendiri, mempersiapkan diri untuk kehidupan di alam kubur, serta merasa selalu diawasi oleh Allah dalam keadaan terang-terangan maupun tersembunyi.

Mesjid adalah pasar akhirat. Buku adalah sahabat sepanjang umur. Amalan adalah teman di alam kubur. Akhlak yang baik adalah mahkota kemuliaan. Sedangkan baik hati adalah baju yang paling indah. Wahai Bilal, tegakkan shalat. Tenangkan hati kita dengannya. Sebab shalat adalah aliran ketenangan, sungai keamanan, serta angin sepoi-sepoi nan sejuk yang menghembus ke dalam jiwa sehingga memadamkan api ketakutan dan kesedihan. Yang penting untuk di perhatikan dalam melaksanakan berbagai ibadah, adalah konsentrasi dan menghadirkan hati. Tidak ada kebaikan bagi; ilmu tanpa pemahama, shalat tanpa khusyu’ dan membaca tanpa perenungan.

Tinggalkan komentar

Filed under Penyejuk Hati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s